Tuesday 4 March 2014

Teknologi Web 2.0


Menurut wikipedia "Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut."
Pada tahun 2004, muncul konsep web 2.0 yang merupakan teknologi web dari penggabungan teknologi-teknologi HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX untuk membangun web. Web 2.0 disebut sebagai suatu generasi kedua dari layanan berbasis web dalam dunia komputer yang dijalankan langsung diatas internet sebagai platformnya. Menurut Tim O’reily, web 2.0 adalah revolusi bisnis dalam industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Contoh perkembangan Web 2.0 saat ini banyak digunakan pada situs jejaring sosial seperti Blog, Facebook dan Twitter atau bahkan Youtube, Wikipedia, Perangkat komunikasi, dan folksonomi.
Prinsip-prinsip pada Web 2.0 sebagai berikut:
  • Web sebagai platform
  • Data sebagai pengendali utama
  • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
  • Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan "open source")
  • Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
  • Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
  • Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user.
Web 2.0 mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.

Beberapa Karakteristik pada Teknologi Web 2.0, yaitu:
  1. Karakteristik yang pertama adalah Network is platform yang artinya Web 2.0 dapat kita gunakan dimanapun kita berada. Teknologi ini memungkinkan kita dapat mengerjakan berbagai macam hal hanya dengan membuka satu browser saja. Karakteristik ini menjelaskan bahwa internet digunakan sebagai penjuru kegian sedangkan manusia sebagai pusat melakukan kegiatan.
  2. Karakteristik kedua adalah Harnessing Collective Intelligence. Karakteristik ini menjelaskan bahwa adanya koolaborasi diantara para pengguna dengan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah website wikipedia.com, dimana dalamm situs tersebut kita dapat mencari dan menemukan berbagai macam ilmu pengetahuan.
  3. Data is the Next Intel Inside adalah karakteristik yang ketiga. Karakteristik yang ketiga ini menjelaskan bahwa pada zaman sekarang ini kita dapat dengan mudah mendapatkan data yang kita butuhkan dengan menggunkan browser tanpa kita harus repot menyimpatnya terlebih dahulu.
  4. Karakter yang ke empat adalah End of Software Release Cycle. Dalam karakteristik ini dijelaskan bahwa Web 2.0 adalah sebuah akhir dari peluncuran software. Produsen software tidak dapat lagi meluncurkan produk yang baru. Pengembangan fitur software bukan lagi dianggap sebagai sebuah produk melainkan sebuah layanan. Selanjutnya, RSS and XML adalah sebuah dukungan yang akan memudahkan para pengguna dalam menikmati berbagai situs dengan sangat cepat. Caranya adalah dengan berlangganan dengan salah satu provider yang nantinya akan menyediankan layanan internet.
  5. Karakteristik ke lima adalah Rich User Experince adalah kemajuan yang berasalah dari sisi antar muka atau disebut interface dengan para pengguna Web 2.0. contoh karekteristik ini adalah gabungan antara XML dengan Blog, Gmail, Yahoo Mail yang akhirnya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengirimkan email.
  6. Karakteristik yang terakhir adalah Software is Not Limited to A Spesific Devide. Karakteristik ini menjelaskan bahwa website dapat di akses dengan menggunakan berbagai perangkat seperti handphone.
Pengertian Web Dinamis
Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinamis tersebut. Untuk perubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis dibilang mudah ketimbang web statis yang harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut. Ketika kita akan mengubah content atau isi dari sebuah web dinamis kita hanya perlu masuk kebagian control panel atau bagian administrator web yang telah disediakan oleh script web dinamis.

Jadi untuk pengubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis. Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis.

Website dinamis adalah website yang dapat menampilkan hamalan-halaman web dengan informasi yang selalu berubah secara atraktif dan dapat berinterkasi dengan user. PHP sangat bagus digunakan untuk membuat website dinamis. Karena, PHP tidak dapat menyimpan informasi sendiri, maka diperlukan sebuah database untuk menyimpan informasi yang ditampilkan. MySQL adalah salah satu pilihan dalam mengembangkan website dinamis dengan PHP. MySQL sangat mudah diakses dari PHP. Kelebihan PHP dan MySQL adalah dapat berjalan di semua sistem operasi.

Halaman yang menampilkan informasi yang selalu berubah disebut dengan halaman dinamis. Halaman web dinamis juga di bentuk dari HTML tapi tidak sesimpel halaman statis. HTML ini dibentuk menggunakan bahasa pemrograman misalnya PHP, dimana informasi yang ditampilkan disimpan dalam sebuah "tempat penyimpanan", yang umumnya dalam sebuah database seperti MySQL. Website yang menampilkan halaman dinamis disebut website dinamis, misalnya website yang menampilkan berita sehari-hari yang tiap harinya menampilkan informasi yang berbeda.
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah CMS WordPress, forum (phpBB) dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah WordPress, Mambo, Joomla!, Phpnuke, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain. Sedangkan MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL. SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R.

Nama: Nurul Fatimah Nurlan
Nim   : H11111005
Prodi : Matematika
Tugas Sistem Basis Data

0 komentar:

 
Copyright © . Blog-nya Orang Aneh - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger